FORUM UPP-ROHUL
Most Welcome All,

=SELAMAT DATANG DI UPP-ROHUL COMMUNITY=
=SILAKAN REGISTER BAGI YANG BELUM BISA LOG-IN=
=KAMI SENANG SEKALI JIKA ANDA MAU BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN BERSAMA KAMI DISINI=


=SALAM HANGAT=



BestRegard

Arie Bonuo™


AJANG BERBAGI DAN DISKUSI MAHASISWA UPP-ROKAN HULU
 
IndeksCalendarPencarianAnggotaPendaftaranLogin
"REMEMBER" JANGAN PERNAH ANDA BERNIAT KULIAH DI UPP-ROHUL, KALAU HANYA UNTUK MENCARI GELAR, TAPI BERNIATLAH, KALAU KULIAH DI UPP-ROHUL UNTUK MENCARI ILMU YANG BISA ANDA KEMBANGKAN KE ANAK CUCU ANDA KELAK " : SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG DI FORUM UPP-ROHUL COMMUNITY : KAMI BAHAGIA SEKALI BILA ANDA MAU BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN ANDA BERSAMA KAMI : HARAPAN KITA BERSAMA, SEMOGA FORUM INI BISA BERKEMBANG DAN MAJU SELAMANYA " BestRegard " ARIE BONUO™
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search

My Great Web page
SELAMAT DATANG Tamu, SELAMAT BERGABUNG DI UPP-ROHUL COMMUNITY

Latest Topics
Topic
Written by
DESKRIPSI TINGKAT KESULITAN SOAL ( C1, C2, C3, C4, C5, C6)
Download Quran in Word 2.2 untuk Ms Office Word 2003 - 2013
BAB 7 TUMBUHAN
BAB 6 FUNGI (JAMUR)
BAB 5 PROTISTA
BAB 4 MONERA
BAB 3 VIRUS
BAB II KEANEKARAGAMAN HAYATI
BAB I MENGENAL BIOLOGI SEBAGAI ILMU
Sunat untuk Kaum Hawa Menurut Hukum Islam










ARIE BONUO™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MUHAMMAD FATIH AL-AZHAR™
MASTER OF SCIENCE™

Share | 
 

 ANALISIS FLUTTER SIRIP ROKET BALISTIK RX-420 DENGAN MELIBATKAN MODUS GERAK KAKU STRUKTUR ROKET

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
budiman
™Komting UPP Community™

avatar


PostSubyek: ANALISIS FLUTTER SIRIP ROKET BALISTIK RX-420 DENGAN MELIBATKAN MODUS GERAK KAKU STRUKTUR ROKET   Fri Mar 30, 2012 10:09 pm

ANALISIS FLUTTER SIRIP ROKET BALISTIK RX-420 DENGAN MELIBATKAN MODUS GERAK KAKU STRUKTUR ROKET



Abstrak

Flutter adalah suatu fenomena yang menyebabkan
kegagalan katastropik pada struktur wahana terbang. Pada
penelitian ini, flutter dikaji untuk konfigurasi simetri dan antisimetri
untuk mengetahui pengaruh modus gerak kaku struktur roket terhadap
karakteristik flutter sirip roket. Melalui penelitian ini diharapkan
pula tingkat keamanan desain struktur roket RX-420 terhadap flutter
dapat diketahui. Model yang dianalisis merupakan model setengah bagian
roket. Struktur sirip yang digunakan adalah sirip dengan semispan 600
mm, tebal 12 mm, root 700 mm, tip 400 mm, jenis bahan Al 6061-T651
berkonfigurasi sirip double spar dengan ketebalan kulit sirip 2 mm.
Dinamika struktur roket dan kestabilan flutter-nya dianalisis dengan
menggunakan metode elemen hingga yang terimplementasi pada software
MSC NASTRAN. Analisis menunjukkan bahwa flutter pada sirip lebih rentan
terjadi pada konfigurasi antisimetri dibandingkan dengan konfigurasi
simetri. Untuk konfigurasi antisimetri flutter terjadi pada kecepatan
6,4 Mach sedangkan untuk konfigurasi simetri flutter terjadi pada 10,15
Mach pada ketinggian permukaan laut. Bila dibandingkan dengan nilai
kecepatan maksimum roket sebesar 4,5 Mach pada ketinggian 11 km atau
ekivalen dengan 2,1 Mach pada ketinggian permukaan laut, maka dapat
disimpulkan bahwa desain struktur roket RX-420 memenuhi batas
keamanan dan flutter tidak akan terjadi selama roket terbang.
Abstract

Flutter is a phenomenon that has brought a
catastrophic failure to the flight vehicle structure. In this
experiment, flutter was analyzed for its symmetric and antisymmetric
configuration to understand the effect of rocket rigid modes to the
fin flutter characteristic. This research was also expected to find out
the safety level of RX-420 structure design. The analysis was performed
using half rocket model. Fin structure used in this research was a fin
which has semispan 600 mm, thickness 12 mm, chord root 700 mm, chord tip
400 mm, made by Al 6061-T651, double spar configuration with skin
thickness of 2 mm. Structural dynamics and flutter stability were
analyzed using finite element software implemented on MSC. Nastran. The
analysis shows that the antisymmetric flutter mode is more critical than
symmetric
flutter mode. At sea level altitude, antisymmetric
flutter occurs at 6.4 Mach, and symmetric flutter occurs at 10.15 Mach.
Compared to maximum speed of RX-420 which is 4.5 Mach at altitude 11 km
or equivalent to 2.1 Mach at sea level, it can be concluded that the
RX-420 structure design is safe, and flutter will not occur during
flight.

keywords: fin flutter, Nastran, rigid body modes, rocket, RX-420



Download Artikel
Kembali Ke Atas Go down
 

ANALISIS FLUTTER SIRIP ROKET BALISTIK RX-420 DENGAN MELIBATKAN MODUS GERAK KAKU STRUKTUR ROKET

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

 Similar topics

-
» bercanda dengan LOGIKA
» bedanya ninja 250 dengan ninja 250 se
» HELP!!! beda MOTUL 5100 dengan MOTUL H-TECH
» WTA-Bedanya pake Open Filter dengan Replacement Air Filter
» [ASK] beda nya Master Rem Radial dengan yang Biasa

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM UPP-ROHUL :: === KUMPULAN SKRIPSI , THESIS , DAN JURNAL === :: JOURNAL / JURNAL New :: JURNAL FAKULTAS TEKNIK-